Purwokerto, (Antaranews Jateng) - Pasangan Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono (Husein dan Dewo) resmi mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Demokrat itu tiba di Sekretariat KPU Kabupaten Banyumas, Rabu pukul 10.55 WIB, dengan dikawal ratusan kader partai pendukungnya.

Kedatangan pasangan Husein/Dewo diterima Ketua KPU Kabupaten Banyumas Unggul Warsiadi didampingi empat anggota KPU lainnya dan Sekretaris KPU Banyumas Hirawanan Danan Putra.

Sebelum menyerahkan berkas pendaftaran, koordinator partai pengusung yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Banyumas Budhi Setiawan mengatakan bahwa selain PDIP, pasangan Husein/Dewo secara resmi juga diusung Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Menurut dia, pasangan tersebut juga didukung Partai Persatuan Pembangunan meskipun secara resmi belum ada surat dukungannya.

Kendati demikian, dia merasa optimistis PPP akan tetap memberi dukungan kepada pasangan Husein/Dewo.

"Kami sengaja memilih mendaftarkan pasangan ini pada tanggal 10 Januari karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-45 PDI Perjuangan," katanya.

Setelah dilakukan verifikasi oleh petugas Sekretariat KPU Banyumas didampingi anggota KPU Kabupaten Banyumas Ikhda Aniroh, berkas pendaftaran pasangan Husein/Dewo dinyatakan diterima.

Selanjutnya, pasangan Husein/Dewo akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada tanggal 11 s.d. 12 Januari 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Solo.

Bakal Calon Bupati Achmad Husein merupakan petahana karena hingga saat ini masih menjabat Bupati Banyumas.

Sebelum terpilih sebagai bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas 2013, Achmad Husein pernah menjabat Wakil Bupati Banyumas yang mendampingi Bupati Mardjoko hasil pilkada pada tahun 2008.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono merupakan Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan DPC PDIP Banyumas.

Dewo yang merupakan pendiri, pemilik, dan pimpinan kelompok usaha Tiara Group Purwokerto itu juga aktif serta memegang jabatan di sejumlah organisasi, seperti Wakil Sekretaris Lembaga Pengembangan Nahdatul Ulama (LPNU), Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU); Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB); Dewan Pembina Kamar Dagang Indonesia?Kabupaten Banyumas.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024