Temanggung, 3/1 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah terus membenahi sejumlah area publik, setelah meresmikan Alun-Alun Temanggung pada malam Tahun Baru 2017, Bupati Temanggung Bambang Sukarno meresmikan Taman Pancasila, Selasa (2/1) malam.

Selain meresmikan Taman Pancasila, Bupati Temanggung juga meresmikan city walk sepanjang 400 meter yang berada di tengah Kota Temanggung.

Bambang Sukarno mengatakan pembangunan city walk ini merupakan awal pembangunan area publik berupa rest area yang nantinya akan dikembangkan pada setiap kecamatan.

Pada peresmian Taman Pancasila dan city walk ini ditampilkan peragaan busana dengan model para peserta "Mas dan Mbak Temanggung" dan tampil grup band lokal.

"Taman Pancasila ini tempat anak-anak muda berinovasi dan berkreasi. Mudah-mudahan kawasan ini memberikan kenyamanan pada generasi penerus," katanya.

Ia mengatakan kawasan ini juga sebagai ruang terbuka hijau yang akan memberikan kesejukan pada masyarakat, sehingga bisa menjadi pilihan keluarga untuk berekreasi di wilayah ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung Pardiono mengatakan Taman Pancasila dibangun dengan dana Rp3,3 miliar dan city walk Rp1,4 miliar.

"Kawasan Taman Pancasila yang terdapat Tuga Pancasila ini sangat menarik dan mempunyai arti histori yang panjang," katanya.

Ia menuturkan kawasan ini merupakan titik nol Kota Temanggung dan pada renovasi ini posisinya tidak berubah.

"Kawasan ini merupakan titik awal jalan menuju Kaloran-Sumowono dan titik awal dari Temanggung ke Wonosobo. Jadi tugu ini tercatat sampai di provinsi dan Kementerian PU, dan kami tidak berani mengubah itu," katanya lagi.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024