Magelang, ANTARA JATENG - Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Hebei Normal University Tiongkok, kata Rektor UMM Eko Muh Widodo.

Eko di Magelang, Selasa, mengatakan kerja sama tersebut tertuang dalam MoU yang dilakukan di Semarang, pekan lalu.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Eko Muh Widodo dan pimpinan Hebei Normal University Tiongkok Prof Zhao JinGuang, Ph.D.

Dalam acara yang difasilitasi oleh Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Wilayah 6 Jawa Tengah itu diikuti oleh beberapa PTS lain yang tergabung dalam anggota Aptisi Wilayah 6 Jawa Tengah.

Menurut Eko, kerja sama yang dilakukan, antara lain di bidang penelitian, penulisan jurnal, pertukaran dosen dan mahasiswa serta kegiatan berupa lokakarya dan seminar.

Ia menuturkan UMM terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai instansi dan juga perguruan tinggi, baik nasional maupun internasional.

"Melalui MoU tersebut diharapkan UM Magelang dapat memperluas jaringan kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Bagi UM Magelang, menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri bukanlah hal baru. Sebelumnya, UM Magelang telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di beberapa negara Asean dan Eropa.

Selain itu, katanya, beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik juga telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Jepang, India, dan Italia.

Demikian juga dengan Fakultas Kesehatan (Fikes) yang telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand dan Filipina dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi Malaysia.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024