Banyumas, ANTARA JATENG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sedang memperbaiki tanggul Sungai Angin di Sumpiuh yang jebol karena kuatnya arus air hingga meluap sampai rumah warga sekitarnya, saat hujan deras belum lama ini.

"Hari ini tim reaksi cepat BPBD Banyumas dibantu para relawan sedang berada di Sumpiuh untuk memperbaiki tanggul Sungai Angin yang jebol," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Banyumas Prasetyo Budi Widodo ketika dihubungi dari Purwokerto, Kamis.

Dia menjelaskan tanggul Sungai Angin sempat jebol pada Rabu (29/11) sehingga menyebabkan air sungai meluap. Saat itu, hujan cukup deras turun di daerah setempat.

"Air sungai meluap dan sekitar 15 rumah warga tergenang banjir, namun pada Rabu (29/11) malam air sudah langsung surut," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan perbaikan tanggul sungai yang jebol itu guna mengantisipasi kejadian serupa, terutama saat terjadi lagi hujan deras.

Apabila tanggul tidak segera diperbaiki, katanya, dikhawatirkan akan menyebabkan air sungai kembali meluap saat turun hujan.

"Dikhawatirkan jika curah hujan tinggi air sungai kembali meluap dan kembali masuk ke rumah warga," katanya

Selain memperbaiki tanggul jebol, pihaknya juga menyingkirkan berbagai material sisa banjir dari lokasi banjir.

"BPBD bersama relawan juga melakukan pembersihan sisa-sisa banjir," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Banyumas terus meningkatkan kesiapsiagaan personel dengan didukung kalangan relawan menyusul tingginya curah hujan di wilayah setempat.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024