Kupat tahu memang salah satu kuliner khas Kota Magelang. Begitu banyak warung atau rumah makan yang menjajakan menu tradisional berbahan baku utama tahu goreng dan kupat di kota berhawa sejuk ini.

Bila Anda kebetulan berada di Kota Sejuta Bunga ini, menu kupat tahu racikan Pak Haji Pangat di Jalan Senopati ini bisa menjadi rujukan. Apa yang membedakan kupat tahu Pak Pangat dengan yang lain? Tentu bumbu kacang dan rempah lain yang menjadi penentu rasa.

Rasa kuah pengguyur tahu, kupat, kecambah, dan kol memang gurih namun tetap enteng alias tidak bikin eneg. Tahu yang digoreng tidak terlalu matang itu juga terasa segar di lidah sehingga menambah komplet keunggulan kupat tahu Pak Pangat ini.

Kacang gorengnya juga digerus namun tidak sampai lembut sehingga ketika dikunyah masih terasa  renyah. Kubisnya pun digoreng sebentar sehingga terasa lebih gurih. Nilai plus lain, kupat Pak Pangat ini begitu lembut sehingga mudah dikunyah bersama gurihnya kuah.

Oleh karena itu, bila warung tahu kupat yang buka sejak pagi itu senantiasa ramai pengunjung, itu menandakan banyak pembeli sepakat dengan rasa tahu kupat Pak Pangat.

Setelah menyantap seporsi tahu kupat pada pagi hari, kandungan kalorinya sudah cukup untuk menjadi sumber utama tenaga hingga siang hari. Anda tidak perlu menyediakan tambahan camilan ketika melanjutkan perjalanan ke Temanggung, Yogyakarta, atau ke Semarang.

Soal harga, dijamin terjangkau semua kalangan. Untuk seporsi tahu kupat plus minuman, harganya di bawah sebungkus rokok merek domestik.




 

Pewarta : AZM
Editor :
Copyright © ANTARA 2024