Wonosobo, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, meresmikan operasional terminal tipe C dan Terminal Pariwisata Mendolo untuk mengembangkan terminal tersebut sebagai pusat koneksi kendaraan umum angkutan orang.

Kepala Dinas Perhubungan dan Permukiman Kabupaten Wonosobo, Bagiyo Sarastono di Wonosobo, Rabu, mengatakan dengan dibukanya subterminal di jalur tengah area Mendolo tersebut semua kendaraan umum rute dalam kota akan masuk terminal.

Selain itu, katanya kendaraan umum rute Wonosobo-Dieng, Wonosobo-Magelang, dan Wonosobo-Purworejo akan diakomodasi secara lebih memadai.

"Terminal tipe C dan terminal pariwisata ini akan mengurai permasalahan banyaknya bus wisata yang selama ini biasa parkir di kota dan mengganggu lalu lintas sehingga memunculkan keluhan warga," katanya.

Ia menuturkan dengan dioperasikan terminal tersebut pihaknya mewajibkan semua kendaraan angkutan rute dalam kota maupun rute-rute ke daerah tetangga untuk masuk ke Mendolo tipe C sehingga terwujud keteraturan dalam penataan lalu lintas angkutan orang.

"Bus-bus Pariwisata, baik yang akan ke Dieng maupun yang akan berangkat ke luar Wonosobo, melalui penyelenggara wisata perorangan maupun badan, juga kami wajibkan masuk ke terminal wisata Mendolo,` katanya.

Menyinggung pengelolaan terminal tipe C tersebut, dia mengaku masih mempertimbangkan beberapa opsi, yakni berbentuk UPT atau Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang berada di bawah koordinator terminal tipe A yang kewenangannya ada di Kemenhub.

Ia mengatakan untuk terminal wisata Mendolo, pihak Dishub telah berkoodinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo.

Dibukanya terminal tipe C Mendolo mendapat sambutan positif Ketua Organda Kabupaten Wonosobo, Khoiri.

Ia mengatakan selama ini banyak angkutan enggan masuk Mendolo dan memilih parkir di Sub-Terminal Stasiun. Namun dengan telah dibukanya terminal tipe C ini, pihaknya opetimistis 1.500 lebih angkutan umum yang sehari-harinya beroperasi di Wonosobo akan bersedia masuk Mendolo secara bertahap.

Ia menuturkan agar lebih menarik minat penumpang maupun para awak angkutan, pihaknya berharap Pemkab melengkapi fasilitas umum di tipe C mendolo, seperti toilet dan mushala.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024