Oleh Heru Suyitno



Magelang, 6/9 (Antara) - Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo bersama tim pengawasan orang asing Kabupaten Magelang melakukan razia kepada orang asing di sejumlah hotel di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu.

"Kami tim pengawasan orang asing Kabupaten Magelang mengadakan operasi gabungan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Magelang," kata Kepala Kantor Imigrasi Wonosobo, Suryo Tarto Kisdoyo di Magelang, Rabu.

Tim pengawasan orang asing Kabupaten Magelang beranggotakan dari unsur Imigrasi Wonosobo, TNI, Polri, Kesbangpol, Kejaksaan, Satpol PP Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan dalam operasi gabungan ini tim menitikberatkan pada hotel dan homestay di Kabupaten Magelang yang sering dijadikan tempat menginap orang asing atau warga negara asing (WNA).

Ia menyebutkan ada 14 titik yang didatangi tim, antara lain Hotel Sael, Hotel Lotus, Hotel Saraswati, Hotel Rajasa, Hotel Bumi Sambara, Homstay Cempaka, Homstay Amirah, dan Homestay Rumah Darma.

Kasubsi Informasi Imigrasi Wonosobo M. Fachrizal menuturkan tujuan diadakan operasi gabungan adalah sebagai bentuk kerja nyata dalam hal pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Magelang.

Ia menjelaskan tim pengawasan orang asing Kabupaten Magelang yang telah terbentuk selalu berkoordinasi satu dengan yang lain dalam keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kabupaten Magelang.

"Tidak menutup informasi bagi masyarakat yg memiliki informasi orang asing di sekitarnya yang mencurigakan bisa menghubungi Kantor Imigrasi Wonosobo atau anggota tim pengawasan orang asing yang lain seperti kepolisian, TNI, Kesbangpol, dan Kejaksaan," katanya.

Ia menuturkan dalam kegiatan operasi gabungan kali ini tidak diketemukan WNA yang melanggar izin keimigrasian.

"Namun demikian hal ini tidak akan mengurangi intensitas operasi gabungan di kesempatan berikutnya," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024