Purwokerto, ANTARA JATENG - Jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, selama liburan panjang akhir pekan yang berbarengan dengan Idul Adha mencapai 12.905 orang, kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Djoko Haryanto.

"Alhamdulillah, jumlah pengunjung selama liburan tiga hari kemarin cukup tinggi sehingga melampaui target kunjungan selama `long weekend` yang kami tetapkan sebesar 10.000 orang," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Ia mengatakan jumlah wisatawan tertinggi terjadi pada Minggu (3/9) di kisaran 6.100 orang atau meningkat sekitar dua kali lipat dari rata-rata kunjungan pada Minggu atau libur yang sebesar 3.000 orang.

Dia mengakui jika jumlah wisatawan pada Jumat (1/9) yang bertepatan dengan Idul Adha 1438 Hijriah cukup tinggi karena mencapai kisaran 2.500 orang atau meningkat sekitar enam kali lipat dari rata-rata kunjungan pada hari-hari biasa yang berada di kisaran 400 orang per hari.

"Kondisi tersebut menunjukkan jika Lokawisata Baturraden tetap memiliki daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam lereng selatan Gunung Slamet," katanya.

Dengan realisasi kunjungan wisatawan selama liburan panjang tersebut, pihaknya semakin optimistis bahwa target kunjungan wisatawan yang ditetapkan untuk Lokawisata Baturrden 550.000 orang dapat tercapai hingga akhir 2017.

Bahkan, dia memperkirakan target tersebut akan terlampaui karena hingga saat sekarang, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden sudah di kisaran 484.000 orang.

Dia mengatakan masih ada sisa waktu lebih kurang selama empat bulan untuk mencapai target kunjungan wisatawan tersebut.

"Apalagi pada bulan Desember ada liburan Natal dan akhir tahun serta liburan sekolah, sehingga kami optimistis target tersebut dapat tercapai," katanya. ***1***



(U.KR-SMT/B/M029/M029) 04-09-2017 08:14:19

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024