Batang, ANTARA JATENG - Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Wisnu Bawa Tanujaya mengatakan wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, berpontensi menjadi tujuan wisata mancanegara karena memiliki sejumlah destinasi yang cukup indah.

"Kalau melihat keindahan alam di Kabupaten Batang dan keramahan masyarakatnya maka saya berkeyakinan dengan komitmen pemerintah dan lewat pelatihan kesadaran membangun citra pariwisata sebagai destinasi yang menyenangkan kepuasan para wisman," katanya di Batang, Kamis.

Wisnu pada acara "Pelatihan SDM Kepariwisataan" mengatakan dengan memiliki potensi pelatihan kepariwisataan maka akan ada kesadaran masyarakat untuk pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Batang.

"Pariwisata di Batang sangat menjanjikan sehingga mereka mengerti menghadapi wisman yang datang ke wilayah setempat karena SDM akan memengaruhi citra yang dibangun," katanya.

Wakil Bupati Batang Suyono yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan pelatihan pariwisata itu sesuai dengan visi dan misi pemkab yang akan terus menggiatkan sektor pariwisata serta membuka destinasi wisata baru.

"Sektor pariwisata mampu menambah PAD dan mampu menyaingi retribusi sehingga Batang akan mampu menjadi destinasi wisata, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara," katanya.

Menurut dia, pelatihan kepariwisataan juga menjadi penguat dan memberikan ilmu pada peserta sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi yang ada pada diri sendiri dan menerapkan potensi wisata yang ada pada masing-masing desa secara maksimal.

"Pelatihan ini dapat membawa kebaikan pariwisata kita dan menjadi `tour guide` atau pemandu wisata yang profesional yang dapat bercerita tentang tujuan wisata dan mampu memasarkan pariwisata baik itu dengan para wisatawan langsung maupun melalui media sosial," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024