Semarang, ANTARA JATENG - Nippon Paint meraih Rekor MURI untuk kategori pengecatan Gapura Merah Putih terbanyak dengan total 4.614 gapura di lebih dari 27 kota di Indonesia selama 29 Juli hingga 15 Agustus 2017.

Penganugerahan Rekor MURI kepada Nippon Paint dilakukan bersamaan dengan penyerahan hadiah sebesar Rp30 juta kepada RT 006/RW003 Jalan Anjasmoro, Kelurahan Karangayu, Semarang Barat sebagai pemenang utama foto goupfie gapura merah putih 2017, di Semarang, Jumat sore.

"Kegiatan Nippon Paint ini patut dihargai karena ikut mewarnai kemeriahan kemerdekaan Indonesia dan mendorong gotong royong masyarakat di lingkungannya masing-masing," kata Deputy Manager MURI Ariyani Siregar.

Chief Executive Officer Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan menjelaskan bahwa pengecatan gapura merah putih merupakan bagian dari program bakti sosial untuk menjaga semangat persaudaraan dan gotong royong warga Indonesia.

"Bukan pada pengecatannya, tetapi lebih untuk menjaga nilai gotong royong yang khas di Indonesia," kata Jon Tan.

Ia menegaskan bahwa pengecatan gapura merah putih yang dilakukan di lebih 27 kota di Indonesia tersebut, Nippon Paint menyediakan 50.000 liter cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect warna Merah Merdeka 1945 dan Nippon Weatherbond warna Brilliant White 1001 yang nilainya mencapai Rp5 miliar.

Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia Mark Liew menambahkan bahwa bukan hanya menyediakan cat, tetapi Nippon Paint juga mengerahkan 4.000 karyawan dan 142 distributor/retail partner untuk ikut terjun membantu warga mengecat gapura.

Marketing Nippon Paint Indonesia Linda Kam menambahkan bahwa Semarang juga menjadi kota dengan pengecatan gapura merah putih terbanyak dengan jumlah lebih dari 700 gapura.

"Setiap satu gapura mendapatkan 10 liter cat yang terdiri lima liter cat warna merah dan lima liter warna putih. Selain itu, RT 006/ RW 003 Jalan Anjasmoro ini juga mewakili Semarang sebagai pemenang tingkat nasional karena memang warganya sangat kompak," kata Linda.

Noor Murod, Ketua RT 006/ RW 003 mengaku sangat bersyukur dengan kegiatan yang diadakan oleh Nippon Paint karena banyak manfaat diperolehnya seperti bisa menyatukan warga untuk berkumpul dan "guyub".

Pemilik toko bangunan Bintang Jaya Ramli mengaku juga ikut menyumbangkan peralatan serta tenaga untuk membantu warga mengecat gapura dan merasakan kebersamaan yang tidak setiap saat bisa dirasakan.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor :
Copyright © ANTARA 2024