Kudus, ANTARA JATENG - Lembaga Administrasi Negara (LAN) siap mengampanyekan inovasi layanan publik yang dihasilkan oleh Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kepada kabupaten lainnya di Tanah Air, kata Kepala LAN Adi Suryanto.

"Setidaknya, kabupaten lain bisa meniru Kabupaten Kudus dalam berinovasi," ujarnya saat menghadiri kegiatan peluncuran inovasi dan kerja sama antara Pemkab Kudus dengan LAN di gedung Setda Kudus, Rabu.

Ia mencatat, ide dan gagasan inovasi yang diciptakan Kabupaten Kudus dalam kegiatan laboratorium inovasi sebanyak 114 buah.

Hal tersebut, kata dia, merupakan capaian luar biasa.

Pada kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan, apresiasinya kepada Bupati Kudus dan jajarannya yang telah berkomitmen mengembangkan inovasi di lingkungan pemerintah kabupaten, salah satunya melalui laboratorium inovasi.

Pelaksanaan laboratorium inovasi, kata dia, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara LAN dan Pemkab Kudus pada 18 Agustus 2016.

Menurut dia, penyelenggara layanan publik memang dituntut memberikan layanan prima untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Untuk itu, kata dia, inovasi menjadi kewajiban dan keharusan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ia berpesan, agar Bupati Kudus bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersedia menularkan berbagai inovasi yang ada kepada daerah lain, sehingga mampu memberikan inspirasi bagi daerah lain dan memberikan manfaat secara lebih luas.

"Kami tentu akan membantu. Jangan hanya berhenti di situ. Benih-benih inovasi harus ditularkan sebagai ladang amal," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, ada 39 daerah yang akan menyusul melakukan berbagai inovasi seperti halnya Kabupaten Kudus.

Ia menganggap, hal itu merupakan sesuatu yang positif untuk memperbaiki kualitas birokrasi di Tanah Air, sehingga mampu disejajarkan dengan pelayanan publik tingkat internasional.

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa meminta jajarannya tidak puas dengan hasil saat ini, melainkan harus terus berinovasi.

"Silakan memunculkan ide dan gagasan demi kualitas layanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengapresiasi, kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan RSUD dr Loekmono Hadi yang berhasil membuat inovasi sehingga membuahkan prestasi.

"Jangan takut salah. Teruslah berinovasi," pesannya.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor :
Copyright © ANTARA 2024