Purwokerto, ANTARA JATENG - Sebanyak 30 lokomotif milik PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, siap dioperasikan untuk melayani angkutan Lebaran, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Lokomotif-lokomotif tersebut terdiri atas 14 unit CC201, lima unit CC203, dan 11 unit CC206 yang terbaru," katanya di Purwokerto, Kamis.

Seluruh lokomotif tersebut telah menjalani perawatan rutin maupun berkala di Depo Purwokerto.

"Jadi, untuk kebutuhan lokomotif selama masa angkutan Lebaran 2017 jika berjalan normal, komposisinya sudah siap," katanya.

Selain lokomotif, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga telah menyediakan 133 armada kereta atau gerbong untuk KA tambahan.

Ia mengatakan 133 armada kereta itu berada di Depo Purwokerto sebanyak 90 unit dan Depo Kutoarjo sebanyak 43 unit.

Dari jumlah tersebut, kata dia, kereta yang siap operasi atau sudah layak digunakan untuk sementara sebanyak 127 armada yang tersebar di Depo Purwokerto sebanyak 86 unit dan Depo Kutoarjo sebanyak 41 unit.

"Sisanya, ada yang masuk perawatan ringan dan perwatan berat. Insya Allah pada H-10 Lebaran atau hari ini (15/6) sudah siap dioperasikan secara keseluruhan," katanya.

PT KAI Daop 5 Purwokerto mengoperasikan empat KA tambahan pada masa angkutan Lebaran 2017, yakni KA Purwojaya Lebaran relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir pergi pulang (pp), KA Kutojaya Lebaran relasi Kutoarjo-Pasarsenen pp, KA Kutojaya Utara Lebaran relasi Kutoarjo-Pasarsenen pp, dan KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kutoarjo-Kiaracondong pp.

Selain itu, wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga dilintasi sembilan KA tambahan dari daop lain, yakni KA Argo Lawu Fakultatif jurusan Gambir-Solo pp, KA Argo Dwipangga Fakultatif jurusan Gambir-Solo pp, KA Taksaka Pagi Lebaran jurusan Gambir-Yogyakarta pp, KA Taksaka Malam Lebaran jurusan Yogyakarta-Gambir pp.

Selain itu, KA Gajayana Lebaran jurusan Gambir-Malang pp, KA Lodaya Lebaran jurusan Bandung-Solo pp, KA Pasundan Lebaran jurusan Kiaracondong-Surabayagubeng pp, KA Mataram Premium relasi Pasarsenen-Lempuyangan pp, dan KA Gayabaru Malam Selatan Lebaran relasi Pasarsenen-Surabayagubeng pp.

Ixfan mengatakan pengoperasian KA Mataram Premium tersebut menggantikan KA Bogowonto Lebaran yang dibatalkan karena waktu keberangkatannya berdekatan dengan KA Bogowonto reguler sehingga dikhawatirkan akan membingungkan calon penumpang.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024