Purwokerto, ANTARA JATENG - Penarikan uang oleh perbankan di wilayah eks Keresidenan Banyumas untuk layanan penukaran kepada masyarakat menjelang Lebaran 2017 telah mencapai Rp1,1 triliun, kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Fadhil Nugroho.

"Penarikan uang oleh perbankan untuk keperluan penukaran dilaksanakan sejak 22 Mei dan hingga saat ini telah mencapai Rp1,1 triliun," kata Fadhil Nugroho di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan dalam melayani penukaran uang, KPw BI Purwokerto menggandeng tujuh bank, yakni BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, BCA, Bank Niaga dan Bank Jateng.

Menurut dia, masyarakat yang menjadi nasabah maupun bukan nasabah bisa menukarkan uang di bank-bank tersebut.

Selain itu, lanjut dia, KPw BI Purwokerto juga mengintensifkan kegiatan kas keliling untuk melayani masyarakat yang hendak menukarkan uangnya.

"Kegiatan kas keliling akan diintensifkan agar dapat lebih luas menjangkau masyarakat di Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara," kata Fadhil yang juga Kepala Tim Sistem Pembayaran KPw BI Purwokerto.

Terkait dengan realisasi penukaran uang melalui kegiatan kas keliling, Fadhil mengatakan sejak tanggal 22 Mei hingga saat ini telah mencapai Rp58,9 miliar.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa masyarakat khususnya warga Purwokerto dapat memanfaatkan layanan penukaran uang bersama perbankan di kompleks Rumah Jabatan Kepala Badan Koordinasi Wilayah III Jateng.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, pertama tanggal 12-15 Juni dan kedua tanggal 19-22 Juni 2017. Khusus tanggal 23 Juni dilayani oleh kas keliling BI Purwokerto," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024