Semarang, ANTARA JATENG - Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) Career Centre menyebutkan teknologi informasi (IT) sekarang ini menjadi tren yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Trennya begitu, banyak peluang kerja di perusahaan IT sekarang ini," kata Kepala Udinus Career Centre Andik Setiyono, Ph.D., di sela Job Fair 17 Udinus, di Semarang, Minggu.

Menurut dia, tren tersebut juga terlihat dari banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang IT yang mengikuti bursa kerja yang menjadi agenda rutin tahunan Udinus tersebut.

Ia menyebutkan dari 37 perusahaan yang mengikuti bursa kerja itu, sebagian besar adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT, seperti "game media" dan PCI (Peripheral Component Interconnect).

Perkembangan IT, kata dia, makin pesat sehingga memunculkan banyak peluang yang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengembangkannya.

"Ya, hampir semuanya `software developer`. Kebetulan, cocok dengan Udinus yang banyak menelurkan lulusan bidang IT. Jadi, alumni kami terfasilitasi," katanya.

Sebagai perguruan tinggi, Udinus berkewajiban memfasilitasi lulusannya untuk terserap di dunia kerja sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Oleh karena itu, kata dia, bursa kerja yang sudah ke-17 kalinya okeh Udinus itu terbuka untuk umum dan gratis sehingga banyak lulusan dari perguruan tinggi lain yang datang.

"Malah banyak juga pelamar yang dari luar kota. Pasalnya, ada ribuan formasi yang ditawarkan perusahaan pada `job fair` kali ini. Pada hari pertama (13/5) saja, sekitar 3.000 pengunjung," katanya.

Setiap tahun, Udinus bisa menggelar dua sampai tiga kali "job fair" yang ternyata cukup efektif menyerap tenaga kerja sebab pencari kerja dan perusahaan lebih mudah terfasilitasi untuk bertemu.

Andik menargetkan jumlah pengunjung di bursa kerja kali ini bisa mencapai 5.000 orang.

Ia memperkirakan target tersebut akan terlampaui jika melihat animo pengunjung yang mencari kerja.

"Selain IT, ada berbagai macam perusahaan, mulai automotif, perhotelan, pendidikan, perbankan, manufaktur, hingga asuransi," jelasnya.


Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor :
Copyright © ANTARA 2024