Semarang, ANTARA JATENG – BPJS Kesehatan membuka layanan pendaftaran bagi peserta bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri di 67 mal milik Lippo Group.

BPJS Kesehatan melakukan kerja sama dengan PT Lippo Karawaci Tbk dan tahap awal di Maxx Box Lippo Village area Karawaci Tangerang, Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan, Lippo Mall Puri Jakarta Barat, dan Mal Lippo Cikarang.

Lippo Grup juga memberikan sarana dan sumber daya manusia (SDM) yang bertugas untuk pendaftaran peserta, setiap hari Senin-Minggu pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB tanpa ada pungutan biaya dan pendaftaran sudah efektif berjalan per 1 Maret 2017.

Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menjelaskan terobosan tersebut diharapkan dapat memenuhi kepuasan dan kemudahan pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendaftar, tetapi tidak ingin mengantri di Kantor BPJS Kesehatan.

"Kami menyadari dukungan dari semua pihak dalam menyukseskan program JKN-KIS sungguh besar, termasuk dari perusahaan swasta dan pengembang seperti Lippo Grup. Kami sangat mengapresiasi dukungan yang luar biasa ini," katanya.

BPJS Kesehatan, lanjut Andayani, juga terus mendorong perusahaan lain atau perusahaan pengembang dapat melakukan hal serupa.

Presiden Direktur PT. Lippo Karawaci Tbk. Ketut Budi Wijaya mengatakan kerja sama tersebut merupakan wujud komitmen perseroan untuk membantu pemerintah mempercepat pencapaian target jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan dan melakukan community development dengan menjembatani pelayanan masyarakat dalam memberikan kemudahan dan menyediakan fasilitas pendaftaran yang nyaman.

"Kami sebagai perusahaan yang mengelola pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia merasa turut terpanggil dan siap mendukung program pemerintah. Dengan keberadaan mal kami di seluruh Indonesia, kami ingin memfasilitasi untuk menjadikan semua penduduk di Indonesia sebagai peserta Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan," ujar Ketut Budi Wijaya.

Andayani Budi Lestari menambahkan bahwa pendaftaran peserta JKN-KIS saat ini mejadi sangat mudah, tidak perlu mengantri di kantor cabang BPJS Kesehatan, tidak perlu menunggu hari kerja, karena kanal pendaftaran buka pada saat akhir pekan.

"Calon peserta bisa mendaftarkan diri bahkan sambil jalan-jalan santai ke mal bersama keluarga atau sambil shopping," tambah Andayani.

Andayani menambahkan, calon peserta bisa langsung mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta JKN-KIS cukup dengan membawa data diri berupa elektronik KTP (e-KTP), dan mengisi Daftar Isian Peserta (DIP) seperti nomor rekening Bank (BNI, BRI, Mandiri atau BTN), alamat rumah (untuk pengiriman kartu), alamat email, nomor telepon selular (HP) yang bisa dihubungi dan memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) serta kelas perawatan. Selanjutnya agen POS Lippo akan memberikan nomor virtual account (VA) dan juga dikonfirmasi melalui SMS.

Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. BPJS Kesehatan akan melakukan pengecekkan pada aplikasi kepesertaan yang akan menampilkan daftar peserta yang sudah melakukan pembayaran iuran pertama. Apabila peserta telah melakukan pembayaran iuran pertama, BPJS Kesehatan akan  mencetak dan mendistribusi kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah di-input pada saat mendaftar di POS Lippo Grup.(adv)






Pewarta : BPJS Kesehatan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024