Banjarnegara, ANTARA JATENG - Kepolisian Resor Banjarnegara, Jawa Tengah, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Tanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) bukanlah hanya tugas Polri dan TNI tetapi juga membutuhkan peran masyarakat," kata Kapolres Banjarnegara AKBP Saiful Anwar melalui siaran pers di Banjarnegara, Selasa.

Kapolres mengatakan agar masyarakat mewaspadai adanya gangguan kamtibmas yang diakibatkan bencana, seperti tanah longsor.

Selain itu, masyarakat diminta untuk waspada terhadap kelompok intoleransi umat beragama dan perekrutan kelompok radikal.

"Waspadai potensi konflik yang berawal dari isu SARA, batas wilayah perbatasan, kesenjangan ekonomi, dan masalah sumber daya alam," katanya.

Polres Banjarnegara, tambah dia, terus menjaring partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat.

"Dalam menciptakan rasa aman di masyarakat tidak akan tercapai tanpa adanya peran serta masyarakat," katanya.

Dia mengatkan pihaknya telah melakukan silaturahim kamtibmas di Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

Desa tersebut memiliki delapan pos kamling yang didirikan atas swadaya masyarakat.

Dia berharap masyarakat terus berperan aktif menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

"Kami mengapresisasi pendirian pos kamling secara swadaya dalam ikut serta menciptakan kamtibmas yang kondusif dilingkungan masing-masing," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024