Temanggung, ANTARA JATENG - Sebanyak 265 pedagang Pasar Tarumanegara Kota Magelang, Jawa Tengah, direlokasi ke Pasar Rejowonangun lantai II sisi timur setelah dilakukan pengundian tempat jualan pada 23-24 Februari 2017.

"Sesuai jadwal para pedagang di Pasar Tarumanegara, hari ini masuk ke Pasar Rejowinangun yang tempatnya sudah disiapkan di lantai II Blok L," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Joko Budiyono di Magelang, Senin.

Penempatan pedagang Pasar Tarumanegara di Pasar Rejowinangun ditandai pemotongan tumpeng oleh Sekda Kota Magelang, Sugiharto yang kemudian diberikan kepada salah satu perwakilan pedagang.

Menurut Joko, pedagang Pasar Tarumanegara dipindah karena tempatnya kotor dan tidak layak sebagai pasar.

Ia menuturkan dari sisi ekonomis setelah pedagang bersatu pada satu area, keramaian pasar akan terdongkrak.

"Harapan kami tidak hanya keramaian pasar, tetapi konsumen dengan datang ke satu pasar ini dapat tercukupi semua kebutuhannya," katanya.

Ia mengatakan Pasar Tarumanegara akan dikembalikan fungsinya sebagai jalan dan sungai, karena selama ini lokasi Pasar Tarumanegara menutup sungai Manggis.

Para pedagang yang dipindah ke Pasar Rejowinangun tersebut menempati los, masing-masing pedagang mendapat lapak ukuran 1,5 x 1,5 meter.

Menyinggung jumlah petugas keamanan dan kebersihan dengan masuknya para pedagang Pasar Tarumanegara tersebut, dia mengatakan kalau nanti dirasa petugas masih kurang akan ditambah.

Sekda Kota Magelang, Sugiharto berharap dengan pemindahan pedagang ke tempat yang lebih representatif ini nantinya penjualan semakin laris.

"Pemindahan pedagang Pasar Tarumanegara ini bukan merupakan penggusuran, tetapi penataan. Setelah ditata harus ada kesinambungannya, jangan sampai pedagang kembali ke jalan," katanya.

Selain memindah pedagang Pasar Tarumanegara, katanya pihaknya juga menata pedagang yang menempati akses masuk Pasar Rejowinangun, sehingga tidak mengganggu konsumen dan kalau terjadi sesuatu penanganannya bisa lancar.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024