Magelang, Antara Jateng - Tim Delta Katulistiwa dari Kalimantan Barat menundukkan PS Boalemo dari Gorontalo dengan skore 3-1 pada partai pembuka putaran final kompetisi amatir Indonesia Soccer Championship (ISC) Liga Nusantara grup F di Satdion Gemilang, Kabupaten Magelang, Sabtu.

Gol kemenangan Delta katulistiwa diciptakan oleh Samuel Eko Putra dan dua gol lainnya oleh Suleman, sedangkan gol balasan PS Boalemo diciptakan oleh Faisal Akili.

Pada awal babak pertama tim PS Boalemo di bawah asuhan Sabrun Hanapi sebenarnya cenderung terus melakukan serangan dan ada beberapa peluang gol, tetapi penyelesaian akhir pemain depan kurang maksimal.

Pada menit ke-20 melalui tendangan jauh pemain tengah Delta Katulistiwa, Samuel Eko Putro yang tidak diduga oleh penjaga gawang PS Boalemo berhasil membuahkan gol.

Setelah berhasil membobol gawang lawan, tim Delta Katulistiwa terus meningkatkan serangan dan pada menit ke-31 kembali berhasil menyarangkan bola di gawang lawan melalui tendangan pemain depan Suleman setelah mendapat umpan dari Samuel.

Skore 2-0 tersebut bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua tim PS Boalemo yang telah ketinggalan dua gol langsung berinisiatif untuk menyerang dan pertandingan babak kedua baru berjalan dua menit atau menit ke-47 Faisal Akili berhasil menjebol gawang Delta Katulistiwa yang dijaga Rian Bhasikara.

Setelah kemasukan gol tersebut membuat tim Delta Katulistiwa meningkatkan serangan dan pada menit-menit akhir pertandingan, yakni menit ke-83, Suleman kembali menjebol gawang PS Boalemo melalui tendangan salto setelah mendapat bola dari pemain tengah.

Pelatih Delta Katulistiwa, Syahril HM tidak menduga anak asuhnya bisa memenangkan pertandingan pada pembukaan putaran final Liga Nusantara ini.

"Kami tidak menyangka bisa menang, karena materi pemain kami semua pemain lokal, di antara mereka masih pelajar," katanya.

Pelatih PS Boalemo, Sabrun mengatakan sebenarnya anak asuhnya telah berusaha untuk memenangkan pertandingan dan ingin lolos pada babak selanjutnya, namun dewi fortuna belum berpihak pada timnya.

"Namun, ini bukan akhir dari pertandingan dan kami ingin lolos ke babak selanjutnya. kami berharap wasit bisa lebih tegas dalam memimpin pertandingan," katanya.

Wasit yang memimpin pertandingan Heru Santoso pada menit ke-59 menghentikan pertandingan karena cedera kaki, kemudian diganti wasit cadangan, Nur Hamid.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024