Magelang, Antara Jateng - Unit Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Magelang merangkul warga Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi untuk merintis budidaya kopi Borobudur.

Kepala TWCB, Chrisnamurti Adiningrum di Magelang, Rabu, mengatakan melihat potensi kopi yang dimiliki daerah itu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melalui TWCB melakukan pendampingan untuk mengangkat potensi tersebut.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Perkebunan dan Kehutanan (DPTPPK) Kabupaten Magelang menyelenggarakan pelatihan budidaya kopi bagi warga Dusun Kerug Batur, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur.

Ia menuturkan warga mendapatkan pengetahuan mengenai budidaya dan pengolahan kopi dari Agus Muryono seorang ahli perkopian dari DPTPPK Kabupaten Magelang sehingga ke depan diharapkan warga bisa mengelola kopi dengan lebih baik.

"Komitmen kami adalah membantu lingkungan untuk maju, salah satunya dengan pelatihan-pelatihan seperti ini. Di sini ada potensi kopi, kami berharap warga dapat menghasilkan kopi berkualitas yang nantinya bisa menjadi icon Kopi Borobudur," katanya.

Ia mengatakan Dusun Kerug Batur kaya dengan hasil bumi berupa Kopi, namun selama ini warga hanya menjual kopi mentah kepada konsumen. Untuk itu TWCB merangkul warga, memberikan pendampingan sehingga warga dapat meningkatkan nilai jual kopi dengan pengolahan yang tepat.

Selain kopi, katanya dusun ini juga memiliki potensi wisata alam yang mengagumkan yaitu Punthuk Gajah Mungkur.

Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan TWCB yang memfasilitasi dan menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan nilai jual kopi di Kerug Batur ini.

"Pelatihan ini semakin memperkaya wawasan warga tentang budidaya dan pengolahan kopi. Besar harapan kami, Kopi dari Kerug Batur ini dapat berkembang dengan baik dan menjadi icon Kopi Borobudur yang juga akan mengangkat potensi wisata lain di dusun ini," katanya.

Ia mengimbau warga Dusun Kerug batur untuk memanfaatkan pelatihan tersebut untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024