Semarang – Sebanyak 84 mahasiswa Program Studi D3 Perpajakan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Katholik Soegijapranata Semarang belajar tata laksana kepabeanan dan cukai di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas.

Para mahasiswa Unika tersebut diterima Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Iman Prayitno yang menyatakan bahwa KPPBC TMP Tanjung Emas dan KPPBC TMP A Semarang sangat terbuka menerima kunjungan sosialisasi seperti dari mahasiswa UNIKA Semarang.

Ketua Prodi Perpajakan UNIKA Agnes Mentari menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPBC TMP Tanjung Emas dan KPPBC TMP A Semarang yang menerima dengan baik kunjungan tersebut. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan saling tukar plakat KPPBC TMP Tanjung Emas dan KPPBC TMP A Semarang dengan UNIKA Semarang.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pendidikan lantai 3 KPPBC TMP Tanjung Emas tersebut kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Tim Sosialisasi dari KPPBC TMP Tanjung Emas mengenai tata laksana ekspor dan impor dan menjelaskan mengenai prosedur pemeriksaan badan yang benar.

Para peserta antusias dengan materi serta praktik mencari kode Harmonized System (HS) barang dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia dan berperan sebagai pegawai Bea dan Cukai dalam simulasi pemeriksaan barang bawaan penumpang dan pemeriksaan badan (body checking).

Selain sosialisasi di ruang pendidikan, dua perwakilan mahasiswa UNIKA, Dimas dan Kanya berkesempatan “mengudara” di The One and Only Indonesian Customs and Excise Radio, bctemas.fm.

Keduanya mengaku dengan kunjungan sosialisasi tersebut, mereka mendapat bekal dan pengetahuan mengenai bea dan cukai, tugas, kewajiban, dan tata laksana kegiatan ekspor impor. Selain itu, mereka juga menjadi lebih paham dan mendapat gambaran tentang peraturan kepabeanan dan cukai serta kegiatan di lapangan karena disertai simulasi.

Tim PLI KPPBC TMP Tanjung Emas berharap dengan diadakan kegiatan sosialisasi tersebut masyarakat luas lebih mengenal peraturan serta tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (Hms)


Pewarta : -
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024