"Kami optimistis dengan penjualan tahun ini, salah satu upaya kami untuk mendongkrak penjualan adalah fokus pada pelayanan 'after sales'," kata Branch Head PT Wahana Sun Motor Semarang Indomobil Nissan Puri Anjasmoro I Gusti Ngurah Sebudhie pada jumpa pers pameran Semarang Automotif di Semarang, Rabu.

Beberapa pelayanan "after sales" yang dilakukan adalah jaminan suku cadang yang dibutuhkan pembeli, datang paling lama dalam waktu 1x24 jam. Jika lebih dari itu, maka pembeli yang bersangkutan dapat memperoleh suku cadang yang dibutuhkan secara gratis.

Layanan lain, di antaranya servis yang dilakukan di rumah masing-masing pelanggan dan telepon pengaduan yang aktif sepanjang 24 jam sehari.

Pada 2016, pihaknya tidak akan mengeluarkan produk baru. Meski demikian, beberapa produk lain yang sudah keluar diharapkan bisa menjadi primadona bagi masyarakat, khususnya calon konsumen.

"Untuk pameran ini kami menawarkan tiga produk unggulan, yaitu X-trail, Serena, dan Nissan March. Untuk X-trail ini target penjualan selama pameran mencapai 15 unit, Serena 10 unit, dan Nissan March 15 unit," katanya.

Khusus untuk Kota Semarang, pihaknya menaruh keyakinan yang besar terkait dengan penjualan mengingat Kota Semarang merupakan kota industri terbesar di Jawa Tengah.

"Jika dibandingkan dengan kota lain di Jateng, seperti Solo, industri di Kota Semarang ini berkembang pesat. Oleh karena itu, dengan produk premium ini kami yakin dapat menjaring banyak konsumen dari masyarakat kelas menengah atas," katanya.

Branch Manager Honda Gajahmada Herman Huta berharap, penjualan tahun ini dapat lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, penjualan selama 2015 mencapai 16.600 unit, untuk tahun ini diharapkan bisa mencapai 19.800 unit.

"Sejauh ini penjualan didominasi oleh Mobilio dengan kontribusi sebesar 29 persen, diikuti oleh Brio Satya dengan kontribusi 26 persen," katanya.

Pada pameran tersebut, pihaknya masih mengusung dua produk kelas menegah sebagai unggulan. Beberapa produk lain yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap keseluruhan penjualan Honda di antaranya HRV, BRV, dan Honda Jazz.

Pameran Semarang Automotif akan dilaksanakan di Mal Ciputra mulai 18-29 Februari 2016. Pameran diikuti oleh sembilan peserta dan ditargetkan penjualan secara keseluruhan minimal mencapai 180 unit.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024