"Rute Semarang - Pangkalan bun (GA 7527) dilayani sebanyak tiga kali per minggunya yaitu Hari Rabu, Jumat, dan Minggu," kata General Manager Garuda Indonesia Branch Office Semarang I Wayan Supatrayasa di Semarang, Rabu.

Untuk jadwal keberangkatan dari Semarang pukul 13.25 WIB dan tiba di Pangkalan Bun pukul 14.50 WITA (1 jam 25 menit). Sementara dari Pangkalan Bun-Semarang (GA 7526) dilayani dengan hari yang sama Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 12.55 WIB.

I Wayan menjelaskan dengan bahwa pemilihan pembukaan rute Semarang-Pangkalan Bun merupakan bagian dari strategi perluasan jaringan penerbangan karena Semarang sangat strategis.

"Semarang strategis karena berada di tengah-tengah. Semarang akan menjadi pintu masuk ke Pangkalan Bun baik dari Denpasar maupun Yogyakarta. Yogyakarta belum ada rute ke Pangkalan Bun, sehingga bisa masuk lewat Semarang," katanya.

Menurut I Wayan, dengan pembukaan rute Semarang-Pangkalan Bun, maka akan ada tambahan alternatif bagi masyarakat terutama untuk turis domestik juga mancanegara yang menjadi pangsa pasar untuk sektor pariwisata.

"Dengan dibukanya penerbangan rute Semarang-Pangkalan Bun, penumpang juga dapat melanjutkan perjalanan ke Ketapang (sampai pukul 16.40 WITA) serta ke Pontianak (sampai pukul 17.55 WITA)," katanya.

I Wayan menambahkan dengan pembukaan rute Semarang-Pangkalan Bun, maka dari Semarang, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan ke Jakarta (sembilan kali sehari), Makasar (satu kali sehari), Lombok (satu kali sehari), Denpasar (satu kali sehari), dan Pangkalan Bun, Pontianak, Ketapang (tiga kali seminggu).

Terkait dengan kesiapan menjelang tahun baru dan Natal, I Wayan memastikan bahwa Garuda Indonesia siap memberikan pelayanan yang optimal dengan siap melakukan perubahan tipe pesawat dan penambahan jika diperlukan.

"Keseluruhan masih bisa menampung. Apalagi sudah ada penambahan seperti ke Surabaya yang tahun lalu hanya satu kali, tahun ini sudah dua kali," demikian I Wayan Supatrayasa.



Pewarta : -
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024