Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang memusatkan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-51 di Rumah Sakit Umum Tidar melalui upacara yang dipimpin Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Sugiaharto, Kamis.

Kegiatan itu dengan peserta ratusan perwakilan dari berbagai rumah sakit se-Kota Magelang, sedangkan tema peringatan Hari Kesehatan Nasional 2015, "Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri".

Pada kesempatan itu, Sugiharto menyerahkan piala kepada perwakilan siswa SMP Negeri 1 Kota Magelang yang meraih juara ketiga dalam lomba cerdas cermat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah belum lama ini.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Sugiharto mengatakan peringatan HKN 2015 momentum refleksi tentang pentingnya pembangunan sektor kesehatan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Berbagai upaya terbaik untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, katanya, harus terus dilakukan.

"Tema peringatan kali ini harus dimaknai luas, dengan melaksanakan kewajiban kita untuk melayani masyarakat," katanya.

Ia mengemukakan tentang kewajiban pelaku kesehatan untuk terus-menerus meningkatkan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Masyarakat, ujarnya, juga diminta membiasakan hidup sehat dan bertanggung jawab untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan, melalui upaya preventif maupun promotif kesehatan.

"Sehat itu milik kita, tidak pandang usia, maka tahapan siklus hidup sejak usia dini hingga lanjut usia, harus cinta sehat," ujarnya.

Ia mengatakan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat harus menjadi budaya sehat Indonesia.

Pewarta : -
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024