Anami, warga Kampung Bungur Sarang, Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, akan menjalani pemeriksaan medis untuk mengetahui usia pastinya guna mengikuti sayembara itu.

Rati, anak ketiga Anami dengan suami keduanya, mengatakan keluarga tidak akan memaksakan diri mengikuti sayembara itu.

"Semuanya akan diserahkan ke pemerintah daerah," katanya di Purwakarta, Selasa.

Anami didampingi anak dan cucunya mendatangi Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk meminta dukungan pemerintah daerah guna mengikuti sayembara itu.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan akan mendukung Anami mengikuti sayembara manusia tertua di dunia. Ia mengatakan Anami perlu menjalani pemeriksaan medis untuk memastikan usianya sebelum mengikuti sayembara.

Jika usia Anami benar 140 tahun, maka nenek yang memiliki 12 anak itu bisa memenangkan sayembara yang digelar multijutawan Moldova, Dmitry Kaminsky, yang menjanjikan hadiah satu juta dolar AS (1 dolar AS = Rp13.198) kepada orang pertama yang mencapai umur 123 tahun.

Orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment, yang meninggal dunia tahun 1997 pada usia 122,5 tahun. Orang tertua yang hidup saat ini adalah Jeralean Talley (115 tahun) dan Susannah Mushatt Jones (115).


Pewarta : Antaranews
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024