Kasubag Ekonomi Daerah, Bagian Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Temanggung, Entargo Yutri Wardono, di Temangung, Kamis, mengatakan pasokan harian elpiji tiga kilogram di Temanggung pada 2014 sebanyak 15.834 tabung per hari.

"Pasokan ditambah delapan persen atau sekitar 1.267 tabung. Jadi pasokan sekarang sekitar 17.101 tabung per hari," katanya.

Menurut dia tambahan kuota itu masih di bawah permintaan tambahan yang diajukan Pemkab Temanggung sebanyak 10 persen.

Ia menuturkan tambahan delapan persen tersebut telah didistribusikan melalui agen dan pangkalan sejak bulan Januari 2015.

Di Kabupaten Temanggung, katanya, sekarang terdapat lima agen, 169 pangkalan, dan ratusan pengecer. Jumlah pangkalan masih kurang, terutama untuk daerah perdesaan.

Ia mengatakan, kendala mendirikan pangkalan elpiji karena syarat cukup berat, yakni pangkalan harus memiliki minimal 50 tabung elpiji tiga kilogram.

""Idealnya setiap satu desa ada satu pangkalan, menyesuaikan populasi penduduk di daerah tersebut. Kalau di daerah perkotaan sudah cukup pangkalan," katanya.

Ia mengatakan harga jual elpiji tiga kilogram belum ada kenaikan. HET elpiji saat ini Rp12.750 per tabung. Harga tersebut merupakan harga dari agen ke pangkalan.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024