"Target bulan tersebut, termasuk evaluasi Gubernur Jateng juga sudah beres, sehingga Januari 2015 dana program kegiatan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) bisa dicairkan," ujarnya di Pati, Minggu.

Apalagi, lanjut dia, DPRD setempat juga menjadwalkan agenda badan musyawarah (Banmus) pada Rabu (12/11).

Berdasarkan ketentuan, kata dia, pembahasan RAPBD dikatakan tepat waktu ketika pembahasan bisa diselesaikan pada bulan November, namun berakhir di bulan Desember tetap diapresiasi karena pelaksanaan pembangunan bisa dimulai awal tahun depan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Pati Muhamadun menyatakan bahwa DPRD Pati siap melakukan pembahasan RAPBD Pati 2015 karena semua alat kelengkapan dewan sudah terbentuk.

Selain itu, kata dia, draf RAPDB 2015 juga sudah diterima pekan ini.

"Kami juga sudah menerima suratnya pada Sabtu (8/11)," ujarnya.

Awalnya, kata dia, rapat Banmus diagendakan pekan ini, namun karena ada agenda konsultasi akhirnya ditetapkan Rabu (12/11).

Fokus agenda DPRD Pati menjelang akhir tahun 2014, menurut dia, selain pembahasan RAPBD 2015, juga membentuk panitia khusus (pansus) enam Ranperda.

Terkait pembahasan RAPBD 2015, dia menargetkan, pertengahan Desember 2015 bisa selesai, sehingga awal 2015 program kegiatan Pemkab Pati bisa dimulai.

Evaluasi dari Gubernur Jateng, kata dia, diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar dua pekan.

"Mudah-mudahan agenda tersebut bisa berjalan dengan lancar sehingga program kegiatan yang menyangkut kepentingan masyarakat luas bisa dinikmati segera," ujarnya.

Sejumlah alat kelengkapan dewan yang terbentuk dan diumumkan lewat rapat paripurna DPRD Pati, yakni pembentukan Komisi A, B, C dan D, badan anggaran (Banggar), badan musyawarah (Banmus), badan legislasi daerah serta Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Pati.

Berdasarkan rapat tersebut, yang terpilih menjadi Ketua Komisi A DPRD Pati bidang hukum dan pemerintahan, yakni Aji Sudarmadji dari Fraksi Golkar.

Sementara Komisi B yang membidangi perekonomian dan keuangan dipimpin oleh Sutarto Oenthersa dari Fraksi PDI Perjuangan, sedangkan Komisi C bidang pembangunan dan Komisi D bidang kesejahteraan rakyat masing-masing diketuai oleh Awi dan Mussalam dari Fraksi Gerindra dan PKB.

Alat kelengkapan yang lain yang disepakati, yakni badan anggaran dan musyawarah dipimpin oleh Ali Badrudin yang juga ketua DPRD.

Untuk badan legislasi daerah dan badan kehormatan (BK) dipimpin oleh Didin Hassanudin dan Aris Sukrisno yang masing masing dari Fraksi Nasdem dan Demokrat.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024