Pantai Seribu Ranting Jepara disiapkan jadi objek wisata unggulan

id pantai seribu ranting,diharapkan,jadi destinasi ,wisata unggulan,pantai jepara,jepara

Pantai Seribu Ranting Jepara disiapkan jadi objek wisata unggulan

Sejumlah anak tengah bermain di tepi Pantai Seribu Ranting Desa Panggung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Akhmad Nazaruddin Lathif)

Jepara (Antaranews Jateng) - Pemerintah Desa Panggung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bertekad menjadikan objek wisata Pantai Seribu Ranting sebagai tujuan wisata unggulan di Kabupaten Jepara dengan cara memperbaiki akses jalan ke lokasi.

"Jalur menuju objek wisata Pantai Seribu Ranting yang ada saat ini memang kurang representatif, terutama ketika ada pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih," kata Kepala Desa Panggung Safrotul Ifdholia di Jepara, Senin.

Lebar jalur yang ada sekarang, katanya, memang sempit sehingga tidak bisa dilalui dua kendaraan sekaligus dari dua arah.

Oleh karena itu, akses jalan menuju objek wisata pantai tersebut perlu diperlebar agar bisa dilalui dua kendaraan roda empat dari dua arah.

Hanya saja, upaya tersebut terkendala dengan padatnya pemukiman penduduk sehingga jalan lain yang sedang diupayakan dengan menyediakan jalur alternatif.

Sebetulnya, kata dia, pemerintah desa sudah mengupayakan dengan cara membeli sebagian lahan milik warga agar tersedia akses jalan menuju objek wisata pantai yang lebih representatif, namun untuk saat ini belum berhasil.

Upaya tersebut, katanya, masih diperjuangkan agar objek wisata pantai seribu ranting tersebut semakin diminati pengunjung.

Penampilan objek wisata Pantai Seribu Ranting tersebut juga mulai terlihat menarik karena tersedia berbagai fasilitas, seperti tempat duduk, tempat untuk berswafoto, serta tempat parkir yang cukup luas serta lapak pedagang.

Berdasarkan pantauan, sejumlah pengunjung yang datang tertarik berswafoto di sejumlah titik, mulai dari ranting yang disusun menjadi tulisan Pantai Seribu Ranting, logo cinta yang disediakan di tepi pantai dengan latar laut serta aneka hiasan dari ranting yang juga bisa dijadikan spot untuk berswafoto.

Lokasi pantai juga berdekatan dengan tambat perahu nelayan serta pemandangan ketika nelayan kembali dari melaut semakin mempercantik pemandangan pantai di Desa Panggung tersebut.

Tingkat kebersihan pantai dan kawasan pemukiman penduduk yang berdekatan dengan objek wisata, termasuk lokasi tambat perahu nelayan menjadi salah satu perhatian serius pemerintah desa sebagai salah satu upaya menarik minat pengunjung.

Pemerintah desa bersama pemuda desa setempat juga rutin mengkampanyekan bersih-bersih lingkungan serta kerja bakti bersih lingkungan untuk mengajak warga sekitar peduli dengan kebersihan lingkungan.

Keberadaan Pantai Seribu Ranting juga mulai dikenal masyarakat luas, mengingat Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menggelar kegiatan bersih-bersih pantai di objek wisata setempat. 

Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat agar turut menjaga kebersihan pantai, jajaran KKP bersama Pandu Laut Nusantara menggandeng mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang serta warga setempat menggelar gerakan bersih pantai Pantai Seribu Ranting di Desa Panggung, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara pada pertengahan Agustus 2018. 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar