500 Taruna Akmil Ikuti Donor Darah

id 500 taruna akmil ikuti donor darah

500 Taruna Akmil Ikuti Donor Darah

Ratusan taruna Akademi Militer mengikuti donor darah di Atrium Artos Mall Magelang dalam rangkaian Hari Bakti Taruna, Selasa (24/1). Foto: ANTARAJATENG.COM/Heru Suyitno.

Magelang, ANTARA JATENG - Sebanyak 500 taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang mengikuti donor darah dalam rangkaian Hari Bakti Taruna Akmil di Atrium Artos Mall Magelang, Selasa.

Dalam donor darah tersebut melibatkan 40 petugas PMI dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Stok darah yang terkumpul nantinya disimpan di empat PMI tersebut.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Magelang, Bramantyo, mengatakan donor darah ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Bakti Taruna, sedangkan lokasi yang dipilih, PMI menyesuaikan dengan Akmil Magelang.

"Kebetulan tahun ini diselenggarakan di Artos Mall Magelang. Kami memang melibatkan PMI dari Kabupaten Magelang, Wonosobo dan Temanggung agar tidak terjadi over stok. Sehingga persediaan darah masing-masing daerah tercukupi," katanya.

Staf IT dan Humas PMI Kota Magelang, Satria Graha Perdana, mengatakan donor darah berlangsung pukul 09.00-17.00 WIB.

Ia mengatakan sebagaimana permintaan yang diajukan ada sekitar 900 pendonor, terdiri atas 500 taruna Akmil, 200 siswa SMA Taruna Nusantara, 200-an mahasiswa dan masyarakat umum.

Ia menuturkan untuk taruna Akmil dibagi dalam lima kelompok, setiap kelompok ada 100 taruna. Masyarakat umum maupun pengunjung Artos Mall juga bisa mendonorkan darahnya jika setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan bisa berdonor.

Kepala Penerangan dan Hubungan Masyarakat Akmil Magelang, Letkol Inf Asep Kusman, mengatakan rangkaian Hari Bakti Taruna tersebut telah dilangsungkan sejak beberapa waktu lalu dan saat ini dengan kegiatan donor darah.

"Dipilihnya lokasi donor di Artos Mall agar lebih mendekatkan taruna dengan masyarakat," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar