Talud Jembatan Jengkiling Diminta Segera Diperbaiki

id talud jembatan jengkiling diminta segera diperbaiki

Talud Jembatan Jengkiling Diminta Segera Diperbaiki

Ilustrasi - Jembatan nyaris ambrol. (Foto ANTARA)

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro di Temanggung, Rabu, mengatakan untuk menangani masalah ambrolnya talud tersebut pemkab dapat menggunakan dana tanggap darurat bencana alam.

Seperti diketahui talud Jembatan Jengkiling di Desa Wadas, Kecamatan Kandangan, sepanjang 50 meter dengan ketinggian 9 meter ambrol setelah hujan deras. Kendaraan yang melintas di lokasi longsor diberlakukan buka turup, sedangkan jenis kendaraan berat dialihkan.

"Pemkab bisa memperbaiki sepanjang kerusakan talud tersebut. Sedangkan untuk perencanaan keseluruhan dalam jangka panjang Pemda dapat mengajukan anggaran melalui APBD, baik melalui penganggaran mendahului anggaran perubahan atau dalam mekanisme anggaran perubahan," katanya.

Ia menuturkan dana darurat hanya untuk penanganan yang sifatnya darurat. Komisi B minta agar pembangunan talud itu dilakukan secepat mungkin, kalau bisa bulan Pebruari 2015 sudah selesai.

"Sesuai peraturan yang berlaku, untuk penanganan darurat bencana alam mekanisme pelelangannya bisa dengan penunjukan langsung", katanya.

Ia mengatakan kerusakan pada jalur utama Temanggung-Kandangan itu jika tidak segera ditangani akan berdampak pada kerusakan jalan lainnya akibat pengalihan jalur untuk kendaraan berat.

"Kendaraan berat sekarang dialihkan melalui jalur Temanggung-Kaloran-Kandangan. Masalahnya apakah jalur Kaloran hingga Kandangan konstruksinya layak dilalui kendaraan berat, kalau tidak kuat justru akan menimbulkan masalah baru," katanya.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar