"Melalui sistem yang menekankan pada sistem pelatihan tersebut diharapkan akan menumbuhkan semangat bagi kalangan guru dalam proses belajar mengajar agar apa yang dihasilkan akan lebih bagus," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Heru usai membuka lokakarya keberhasilan program USAID Prioritas Provinsi Jateng yang dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan.

Ia menjelaskan, program pendidikan ini sangat menarik dan bagus untuk disebarluaskan.

"Saya sangat tertarik dengan program pendidikan ini dan berharap Dinas Pendidikan provinsi maupun kabupaten/kota dapat menyampaikan 'progress' programnya kepada saya dengan segera menindaklanjuti dengan program-program yang mendorong penyebarluasan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, penyebaran tenaga pengajar berbagai tingkatan sekolah di Provinsi Jateng masih belum merata dan belum ideal.

"Keberadaan tenaga pengajar masih terkonsentrasi di perkotaan sehingga banyak terjadi kekurangan guru di daerah pinggiran," kata mantan Bupati Purbalingga itu.

Menurut Heru, untuk membenahi distribusi tenaga pengajar agar merata di Jateng maka pemerintah provinsi setempat harus lebih dulu melakukan pembenahan di tingkat kelembagaannya.


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024