"Hingga hari ini masih delapan parpol yang melaporkan daftar tim kampanyenya kepada kami, sedangkan empat parpol lainnya belum melapor," kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo di Semarang, Kamis.

Delapan parpol yang sudah melaporkan daftar tim kampanye itu adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Nasional Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Gerindra.

Dari laporan daftar tim kampanye yang telah diterima KPU Jateng tersebut, kata dia, diketahui jika sejumlah tokoh nasional akan menjadi juru kampanye pada pelaksanaan kampanye terbuka Pemilu 2014 di sejumlah daerah di Jateng.

"Tokoh nasional yang dijadwalkan akan berkampanye di Jateng, antara lain Surya Paloh, Hary Tanoesoedibjo, dan Wiranto," ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu.

Selain mendaftarkan tokoh nasional menjadi juru kampanye, kata Joko, para pengurus parpol dan para calon anggota legislatif juga rata-rata didaftarkan menjadi tim kampanye.

"Bahkan, sebagian parpol di Jateng hanya mengandalkan tokoh-tokoh lokal untuk menjadi juru kampanyenya saat kampanye terbuka," katanya.

Joko mengimbau kepada empat parpol yang belum melaporkan daftar tim kampanyenya agar segera melaksanakan ketentuan sesuai dengan peraturan KPU itu.

"Pelaporan daftar tim kampanye ini wajib bagi seluruh parpol agar dapat diketahui siapa yang bertanggung pada tiap pelaksanaan kampanye terbuka mendatang," ujarnya.

Kampanye terbuka akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret--5 April 2014 dan setiap hari ada empat parpol yang dijadwalkan menyelenggarakan kampanye terbuka.

Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional dijadwalkan akan melakukan kampanye terbuka pada hari pertama pelaksanaan masa kampanye.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024