Sekum Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Tengah Joko Praonowo Adi di Semarang, Senin, mengatakan saat ini terutama Agus Prayogo masih bersatus sebagai atlet Jateng karena kepindahannya masih dalam proses di Badan Arbritrase Olahraga Republik Indonesia (Baori).

Kalau untuk Triyaningsih, lanjut dia, memang sampai kini belum mengajukan surat pindah dari Jateng. Pada pemanggilan atlet untuk SEA Games 2013, Triyaningsih, dipanggil atas nama atlet DKI Jakarta.

Kalau peraih dua medali emas SEA Games 2011 (Agus Prayogo), kata dia, memang sudah mengajukan surat pindah dari Jateng ke Jawa Barat dan prosesnya masih disidangkan di Baori.

"Rabu (12/2), kami mengikuti sidang di Baori yang membahas jawaban atas gugatan, setelah itu paling lama dua hari lagi bisa diketahui status Agus," katanya.

Sidang majelis di Baori nanti, kata dia, selain Agus juga ada atlet lempar lembing putri Dian Kartika yang juga sedang dalam proses pindah dari Jateng ke Jabar. "Sebenarnya sidang majelis itu digelar pada Rabu pekan lalu tetapi kami tidak datang sehingga diundur Rabu mendatang," katanya.

"Selama mereka masih berstatus sebagai atlet Jateng tentu kami masukkan dalam daftar atlet yang masuk pelatda jangka panjang," katanya menegaskan.

Ia menambahkan, untuk pelatda jangka panjang bagi atlet yang disiapkan tampil pada pesta olahraga multieven empat tahunan di Jawa Barat mendatang, cabang olahraga atletik Jateng mendapat kuota enam atlet ditambah satu pelatih.

"Tentunya yang kami pertanyakan kenapa kuota atlet kami kecil padahal pada PON 2012/Riau, kami menyumbangkan tujuh medali emas kepada kontingen Jawa Tengah," katanya.

Ia menambahkan, sampai kini cabang atletik belum menyerahkan daftar nama atlet yang masuk program pelatda kepada KONI Jateng karena mencari waktu yang tepat. "Kami belum sempat mengajukan daftar nama atlet, mungkin pekan depan baru kami masukkan ke KONI Jateng," katanya.

Dari enam kuota atlet di cabang atletik ini, menurut dia, diisi dengan nama-nama atlet yang meraih medali emas pada PON 2012 seperti Triyaningsih, Agus Prayogo, Dwi Ratnawati, Krisna Wahyu, Yuarisdianto.

Triyaningsih berhasil menyumbangkan dua emas (lari 5.000 dan 10 ribu meter putri), Agus Prayogo meraih dua emas (lari 5.000 dan 10 ribu meter putra), Dwi ratnawati (lempar cakram), Krisna Wahyu (tolak peluru), Yuarisdianto (perak tolak peluru).

Pewarta : Hernawan Wahyudono
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024