Anggota DPRD Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso, mengatakan, Saefodin meninggal dunia Selasa (7/1) siang saat mengepel lantai di rumahnya di Desa Banaran, Kecamatan Grabag.

"Saat mengepel lantai tiba-tiba Pak Saefodin terjatuh. Ada kemungkinan mengalami serangan jantung. Ini murni karena persoalan medis bukan sebab yang lain," katanya.

Pada SK pelantikan kepala desa di GOR Gemilang Kabupaten Magelang tercatat ada 279 kepala desa, tetapi hanya dihadiri 278 kades, karena satu orang di antaranya meninggal dunia.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Magelang, Ary Widhi Nugroho, mengatakan pada 29 Desember 2013 di Kabupaten Magelang dilakukan pilkades serentak di 283 desa.

Ia mengatakan, dari 283 desa tersebut ada tujuh desa gagal menghasilkan kades terpilih karena tidak kuorum dan ada dua calon tunggal kalah dengan kotak kosong.

Ia menuturkan, dari tujuh desa yang gagal memilih kades tersebut enam di antaranya melakukan pilkades ulang pada Minggu (5/1), sedangkan satu desa yakni Gandusari di Kecamatan Bandongan belum siap melakukan pilkades ulang.

"Sebanyak enam desa yang melakukan pilkades ulang tersebut, dua desa di antaranya, yakni Desa Salaman Kecamatan Salaman dan Desa Wonogiri Kecamatan Kajoran kembali gagal memilih kades," katanya.

Ia mengatakan melalui Camat Salaman dan Kajoran, akan menunjuk pejabat sementara Kades Salaman dan Wonogiri, termasuk Camat Grabag untuk menunjuk pejabat sementara Kades Banaran.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024