"KA Serayu tujuan Jakarta lewat Bandung yang semula diberangkatkan dari Stasiun Kroya, Cilacap, dua kali dalam sehari, yakni pukul 07.10 WIB untuk KA Serayu Pagi dan pukul 17.10 WIB untuk KA Serayu Malam, mulai 1 September akan diberangkatkan dari Stasiun Besar Purwokerto," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, KA Serayu Pagi akan diberangkatkan dari Stasiun Besar Purwokerto pukul 06.30 WIB, sedangkan KA Serayu Malam diberangkatkan pukul 16.30 WIB.

Sementara untuk jadwal keberangkatan dari Stasiun Kroya dan stasiun lainnya di lintas selatan hingga Jakarta tidak mengalami perubahan.

Menurut dia, KA Serayu Pagi jurusan Purwokerto-Jakarta akan tiba di Stasiun Kiaracondong, Bandung, pukul 13.16 WIB, sedangkan KA Serayu Malam tiba pukul 23.48 WIB.

"Selanjutnya, kedua KA ini melanjutkan perjalanan ke Jakarta. Selain itu, KA Serayu Pagi juga akan berhenti di Stasiun Padalarang," katanya.

Ia mengatakan KA Serayu Pagi jurusan Jakarta-Purwokerto tiba di Stasiun Purwokerto pukul 19.11 WIB, sedangkan KA Serayu Malam pukul 06.42 WIB.

Menurut dia, perpanjangan rute KA Serayu ini akan diawali dengan pemberangkatan KA Serayu Malam dari Stasiun Purwokerto dan kedatangan KA Serayu Pagi dari Jakarta pada hari Minggu (1/9).

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa setiap rangkaian KA Serayu setiap harinya akan membawa enam gerbong penumpang, satu gerbong kereta makan, dan satu gerbong khusus angkutan barang.

"Setiap gerbong terdiri 106 tempat duduk, sehingga setiap pemberangkatan akan tersedia 636 tempat duduk. Seluruh gerbong penumpang dan kereta makan telah menggunakan penyejuk udara (AC)," katanya.

Terkait harga tiket untuk jarak Purwokerto-Bandung/Jakarta, dia mengatakan untuk sementara penumpang dewasa dan anak-anak berusia tiga tahun ke atas dikenakan tarif sebesar Rp50 ribu dengan perincian tarif "public service obligation-PSO" atau subsidi KA Serayu Kroya-Bandung/Jakarta sebesar Rp35 ribu ditambah tarif KA "feeder" Purwokerto-Kroya (non-PSO) sebesar Rp15 ribu.

Menurut dia, tiket KA Serayu dapat dibeli di seluruh tempat penjualan tiket, baik internal maupun eksternal.

Sementara untuk anak-anak di bawah tiga tahun (infant), kata dia, dikenakan tarif sebesar Rp18 ribu dengan perincian tarif PSO KA Serayu "infant" jurusan Kroya-Bandung/Jakarta sebesar Rp3.500 ditambah tarif KA "feeder" Purwokerto-Kroya sebesar Rp15 ribu.


Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024