"Puskesmas yang siaga 24 jam selama libur Lebaran tersebut tersebar di beberapa kecamatan dan memiliki fasilitas rawat inap," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Rudi Hermawan Prihatmanto di Kudus, Sabtu.

Puskesmas itu di antaranya Puskesmas Jekulo, Undaan, Mejobo, Jepang, Sidorekso, Gribig, Dawe, Rejosari, Kaliwungu, dan Tanjungrejo. Sedangkan Puskesmas di Jalur Pantura atau jalur utama yang dilintasi pemudik, kata dia, hanya Puskesmas Jekulo.

Meski demikian, kata dia, di masing-masing pos pengamanan (Pospam) yang berada di jalur mudik juga terdapat petugas kesehatan yang dilibatkan.

Puskesmas yang tidak memiliki fasilitas rawat inap, kata dia, selama libur Lebaran juga tetap disiagakan dengan jam operasi seperti hari biasanya.

"Masing-masing Puskesmas yang tidak dilengkapi fasilitas rawat inap tersebut sudah menjadwalkan petugas piket selama libur Lebaran," ujarnya.

Apabila membutuhkan tindakan medis lanjutan, katanya, sudah ada sejumlah rumah sakit rujukan di Kudus, terutama RSUD Kudus.

Terkait dengan ketersediaan obat-obatan, kata dia, di masing-masing Puskesmas sudah tersedia cukup.

Selain itu, kata dia, DKK Kudus juga siap menyuplai obat-obatan selama libur Lebaran, jika memang ada yang membutuhkan karena gudang farmasi di kantor DKK Kudus juga disiagakan petugas yang setiap saat bisa dihubungi lewat telepon.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024