"Hasil pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana fisik yang telah dicapai melalui kegiatan ini agar dimanfaatkan, dipelihara dengan baik oleh masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat," kata Zaenal saat menutup kegiatan itu.

Kegiatan itu juga untuk memperingati BBGRM X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 pada 2013.

Hasil kegiatan nonfisik yang berupa pembekalan pengetahuan praktis, masalah sosial kemasyarakatan, kejuangan, bela negara, dan kesadaran hukum, katanya, hendaknya bukan sekadar pengetahuan, akan tetapi dapat dipahami dan diterapkan oleh berbagai lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menjelaskan TMMD dan berbagai bentuk karya bakti TNI lainnya sebagai upaya memperkukuh kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Selain itu mendukung ketahanan wilayah dan sistem pertahanan semesta. Juga memotivasi kegotongroyongan guna menciptakan proses pemberdayaan masyarakat, agar berpartisipasi dan peduli dalam pembangunan di pedesaan," katanya.

Pada kesempatan itu Wabup Zaenal menyerahkan penghargaan kepada para juara berbagai lomba, baik tingkat Kabupaten Magelang maupun Provinsi Jawa Tengah, menyerahkan bantuan dana pembangunan gedung posyandu dan infrastruktur desa, serta meninjau pameran produk lokal.



Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024