Direktur Tim PSN Harijanto Tjondrokusumo kepada wartawan di Surabaya, Kamis, menjelaskan pebalap asal Spanyol itu akan didampingi enam pebalap lain yang masing-masing tiga lokal dan tiga asing.

Ketiga pebalap lokal yang disiapkan PSN adalah Jimmy Pranata, Dealton Nur Arif Prayogo dan Agung Riyanto. Sedangkan pebalap asingnya Edgar Nieto (Spanyol), Sergey Kuzmin (Kazakhstan) dan Ryan Sherlock (Irlandia).

"Kendati diperkuat Munoz, bukan jaminan dia akan menjadi juara lagi tahun ini. Kami juga tidak mematok target khusus pada balapan tahun ini," katanya.

Saat menjuarai TdS 2012, Oscar Pujol Munoz masih bergabung di tim balap sepeda asal Iran, Azad University. Setelah kontraknya habis, pebalap berusia 30 tahun itu bergabung dengan tim continental PSN.

Sedangkan saat memperkuat tim PSN, Oscar Pujol mampu menjadi "runner up" saat tampil di balapan "Banyuwangi Tour de Ijen", Jawa Timur, pada akhir 2012.

Menurut Harijanto, kekuatan timnya di TdS 2013 jauh lebih kompetitif dibanding tahun lalu yang gagal meraih hasil maksimal. Materi pebalap ada yang spesialis tanjakan (climber) dan jalur datar.

Selain itu, PSN juga kembali menggaet mantan pebalap nasional Wawan Setyobudi untuk mendampingi Oscar Pujol Munoz dan kawan-kawan selama balapan.

"Selain medan lomba yang menantang, persaingan TdS tahun ini juga sangat ketat. Kami berharap seluruh pebalap mampu memberikan hasil terbaik," tambahnya.

Lomba balap sepeda TdS 2013 yang melibatkan 220 pembalap dari 18 tim dalam negeri dan mancanegara, melombakan tujuh etape dengan total jarak tempuh lebih kurang 1.027 kilometer.

Sejumlah negara yang ambil bagian antara lain Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan tuan rumah Indonesia.

Pewarta : -
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024