Tebing setinggi 15 meter dengan panjang 10 meter di Dusun Wonoroto Krajan, Wonoroto, Windusari longsor dan menutup akses jalan Kecamatan Bandongan-Windusari. Ketebalan longsor mencapai sekitar 80 centimeter.

Timbunan tanah yang cukup tebal itu baru bisa dibuka setelah dilakukan kerja bakti oleh warga bersama dengan aparat TNI/Polri.

"Karena timbunan cukup tebal, kami membuka dengan alat berat," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Magelang Joko Sudibyo saat meninjau lokasi.

Menurutnya, titik jalur Wonoroto-Windusari merupakan titik terparah dari tiga titik longsor. Longsor juga terjadi di Dusun Genito Kidul, Desa Genito, kemudian Dusun Slilin, Desa Candisari, dan Desa Kalijoso.

Joko menjelaskan di Dusun Genito Kidul, tebing yang longsor sepanjang 15 meter dan tinggi 10 meter.

Menurut dia, longsor tersebut menutup jalan menuju Dusun Plalar dan Witono, Desa Genito. Namun, sudah bisa dibuka secara kerja bakti.

Titik lain adalah talud irigasi sepanjang tujuh meter dan lebar 10 meter longsor di Dusun Slilin, Candisari. Material longsor masuk ke dalam tujuh rumah warga setempat.


Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024