Sekretaris Daerah Kabupaten batang, Nasikhin di Batang, Minggu, mengatakan saat ini kondisi kerusakan Pantai Sigandu semakin memprihatinkan karena air laut sudah masuk ke daratan hingga beberapa meter dari garis pantai.

"Saat ini, kami hanya bisa menangani kerusakan Pantai Sigandu dengan penanganan darurat saja karena harus menyesuaikan anggaran pemkab yang terbatas. Sedangkan untuk merehabilitasi pantai secara permanen, kami telah mengajukan dana bantuan pada Pemerintah Pusat sebesar Rp70 miliar," katanya.

Ia mengatakan bahwa pengajuan dana bantuan rehabilitasi Pantai Sigandu itu akan dimasukkan pada program penanganan bencana alam agar kerusakan pantai tersebut bisa segera diperbaiki.

"Mekanisme pengajuan anggaran rehabilitasi Pantai Sigandu tidak harus menunggu terbentuknya dulu badan penanggulangan bencana daerah (BPBD). Oleh karena itu, jika pengajuan anggaran rehabilitasi pantai ini sudah direlaisasikan oleh Pemerintah Pusat maka kami akan secepatnya membangun penahan gelombang laut di tepi pantai," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024