"Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2011 yang mencapai Rp 1,87 miliar," Kata Kepala Jasa Raharja Cabang Jateng H.Sukono,SE,MBA di Semarang,Selasa.

Didampingi Kasubabg PKBL Gustony,SE saat penyerahan 600 paket Sembako kepada 200 petugas kebersihan dan 400 warga kurang mampu di kelurahan Wonotinggal Semarang,Sukono menambahkan, dana PKBL disalurkan untuk bencana alam, kesehatan,sarana ibadah,pendidikan,penghijauan dan pinjaman.

Secara rinci dijelaskan, dana PKBL terdiri dari dana program. Kemitraan Rp 1,4 miliar untuk 69 UMKM dengan rata-rata penyaluran minimal Rp 10 juta-Rp 25 juta.. Mengingat ini mrupakan program kemitraan, sehingga suku bunga pinjaman hanya 6 persen pertahun.

Soal pengembalian cukup bagus, karena hingga saat ini kredit macetnya sekitar 8 persen. Untuk menagih, Jasa Raharja melakukan pendekatan kekeluargaan, sehingga dana dapat tertagih dan kembali digulirkan ke masyarakat.

Sementara itu untuk dana Bina Lingkungan penyaluran terbagi dalam 5 fitur yakni kesehatan, pendidikan, sarana lingkungan, sarana ibadah dan penghijauan. 5ari total dana yang disalurkan Rp 1,028 miliar paling besar untuk dana bantuan pembangunan jembatan di desa Sumowono, Kaligesing Kabupaten Purworejo.

" Desa ini merupakan desa binaan PT Jasa Raharja sehingga di desa tersebut ada kampung yang namanya kampung Jasa Raharja," jelas Sukono.
Sementara itu Kabag Pelayanan Sukirno menambahkan, selama tahun 2012 Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah telah membayar santunan sebesar Rp 238,9 miliar atau naik 0,59 persen dibanding 2011 yang mencapai Rp 237,5 miliar. Total pembayaran santunan korban kecelakaan sejak 2008 sampai 2012 sudah mencapai Rp 1,1 triliun.

Kegiatan pembagian sembako gratis di Kelurahan Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang dilakukan oleh dilakukan oleh Kepala Cabang Jasa Raharja. Satu Paket sembako berisi 5 kilogram beras, 2 kilogram gula, satu liter minyak goreng dan sepuluh bungkus mie instans.Sembako juga di berikan kepada tukang becak dan penyapu jalan di sepanjang jalan Imam Bonjol dan Jatingaleh.

Pewarta : -
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024