"Rasa nasionalisme harus terus-menerus dipupuk di kalangan semua komponen bangsa, termasuk karyawan perusahaan," kata Ketua SP BNI Dewan Perwakilan Unit (DPU) Kantor Wilayah Semarang Kurniawan Raharjo di Semarang, Selasa.

Menurut dia, rasa nasionalisme menumbuhkan daya juang dan mental kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk di kalangan perbankan.

"Banyak yang bisa diperoleh dari penguatan rasa nasionalisme ini. Kebetulan, kami menggandeng Yon-Arhanudse 15 Kodam/IV Diponegoro dalam beberapa kegiatan untuk memperkuat rasa nasionalisme di kalangan anggota," katanya.

Penguatan rasa nasionalisme, kata dia, dilakukan dalam berbagai kegiatan, mulai latihan dasar kepemimpinan, kedisplinan, hingga latihan "air soft gun" yang diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus SP BNI Kantor Wilayah Semarang.

"Sudah beberapa kali kami menggelar kegiatan ini bekerja sama dengan Yon Arhanudse 15 Kodam IV/Diponegoro, khususnya setiap akhir pekan. Anggota dan pengurus SP BNI Kantor Wilayah Semarang mencapai 96 orang," katanya.

Ia menjelaskan banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut, seperti menumbuhkan rasa kedisiplinan, menguatkan mental, daya juang, dan cinta tanah air yang tidak hanya perlu diberikan bagi siswa di sekolah.

"Bagi karyawan, termasuk yang tergabung dalam SP BNI juga penting. Khususnya, kedisplinan, daya juang, kepemimpinan, dan kekompakan. Ini berguna juga bagi kondusivitas dan produktivitas dalam bekerja," katanya.

Berkaitan dengan SP BNI, ia menjelaskan sebagaimana organisasi serikat pekerja lainnya, pihaknya mewadahi aspirasi dan ide-ide dari para karyawan yang menjadi anggotanya, termasuk melindungi hak-hak para pekerja.

"Kami memiliki kewajiban mengakomodasi dan melindungi hak-hak anggota untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Namun, yang terpenting kami ingin menjaga situasi tetap kondusif, harmonis, dan kompak," kata Kurniawan.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024