Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo, di Magelang, Jumat mengatakan, tahun-tahun sebelumnya jalan Payaman-Sambung biasa terjadi kemacetan pada arus mudik maupun balik, mudah-mudahan dengan pelebaran ruas jalan di jalur tersebut arus lalu lintas pada Lebaran tahun ini bisa lancar.

"Jalur Payaman-Sambung sekarang telah diperbaiki dan dilebarkan. Semoga dengan pelebaran itu bisa menambah efektivitas perjalanan masyarakat, dapat mengurangi kemacetan," katanya usai gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2012 menjelang Idul Fitri 1433 Hijriah.

Ia mengatakan, untuk jalur Magelang-Yogyakarta secara umum sudah baik dan telah dibuat empat lajur.

"Jalan Magelang-Yogyakarta karena masing-masing jalur sudah dibuat empat dua lajur kemungkinan arus lalu lintas akan lebih tertib dan lancar," katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa tempat pasar tumpah di Kabupaten Magelang di jalur ramai, antara lain Pasar Muntilan, Pasar Payaman, dan Pasar Salam.

"Namun, kami mencoba untuk melakukan pendekatan kepada para pedagang agar mereka tidak menggunakan badan jalan untuk berjualan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan," katanya.

Menyinggung kriminalitas menjelang Lebaran, dia mengimbau masyarakat pada saat tarawih maupun shalat id saat Lebaran untuk memperhatikan keamanan tempat tinggal masing-masing.

"Biasanya kesempatan seperti itu dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pencuri dan sebagainya untuk beraksi, maka masyarakat tetap harus memperhatikan keamanan tempat tinggal," katanya.

Selain itu, katanya, tetap memfungsikan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang selalu monitor dan berpatroli.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024