Perangkat buatan Amerika Serikat itu juga bisa digunakan sebagai pengeras suara atau untuk memancarkan suara terarah dengan kekuatan sampai 150 desibel yang menimbulkan rasa sakit, fungsi yang pernah digunakan melawan perompak Somalia dan mengendalikan keramaian di Irak.

Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan peralatan itu termasuk di antara "banyak aset" yang akan ditempatkan selama Olimpiade, demikian menurut laporan Kantor Berita AFP.

Peralatan buatan AS tersebut dapat digunakan sebagai pengeras suara sangat kuat atau memancarkan suara terarah yang menimbulkan sakit hingga 150 desibel, operasi yang telah digunakan terhadap perompak Somalia dan untuk mengendalikan massa di Irak.

Namun selama Olimpiade, peralatan tersebut terutama akan digunakan sebagai pengeras suara untuk memberikan peringatan lisan kepada setiap perahu yang dianggap mengganggu di Sungai Thames.

Kebanyakan pengguna peralatan paling canggih tersebut dapat "mengeluarkan instruksi lisan yang jelas dan keras, yang diikuti dengan suara keras pencegah guna meningkatkan kemampuan respon", dengan mengeluarkan suara sampai sejauh 8.900 meter, kata LRAD Corporation, pembuat peralatan itu.

Pasukan keamanan yang terdiri atas lebih dari 40.000 personel, yang didukung oleh operasi besar intelijen, akan menjaga semua tempat pertandingan, atlet dan jutaan pengunjung yang diduga membanjiri ibu kota Inggris untuk menyaksikan Olimpiade yang akan dimulai 27 Juli.

Serangan teror "Lone Wolf" atau orang yang melakukan tindak kekerasan untuk mendukung suatu kelompok, gerakan, atau ideologi menjadi ancaman yang dikhawatirkan mengganggu pertandingan dan banyak ancaman lain yang masih dipelajari.

Pewarta : -
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024