"Saya mengerti berbagai daerah ada BLK, saya mengerti tidak semua dioptimalkan. Atasi, gunakan `resources` ini," kata Boediono dalam pengantar rapat kerja pemerintah 2012 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pemerintah daerah bisa menjalin kerja sama dengan berbagai industri di daerah untuk mengoptimalkan BLK. Optimalisasi BLK, katanya, harus diprioritaskan untuk menampung tenaga kerja usia muda.

Jumlah angkatan kerja usia muda di Indonesia cukup banyak. Menurut Boediono, mereka belum mendapat perhatian yang cukup.

Boediono menegaskan, permasalahan lapangan kerja sangat terkait dengan permasalahan kemiskinan. Tingkat kemiskinan bisa ditekan jika lapangan kerja bisa memberikan manfaat kepada rakyat.

Pemerintah, kata Boediono, terus melakukan sejumlah program pengurangan kemiskinan secara nasional. Bahkan, pemerintah telah membentuk tim khusus untuk menjalankan program tersebut.

"Di tingkat daerah masing-masing sudah diminta untuk membentuk tim serupa. Tim daerah ini akan menjadi suatu jaringan dengan tim nasional," katanya.

Pemerintah saat ini sudah memiliki data penduduk miskin secara nasional. Data itu mencakup 40 persen penduduk yang masuk dalam kategori miskin.

"Jadi ini merupakan informasi yang bisa digunakan bersama untuk merumuskan sasaran dari program yang tujuannya untuk mengentaskan kemiskinan," katanya.

Pewarta : -
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024