Magelang (ANTARA) - Untuk pengendalian inflasi, Pemerintah Kota Jambi menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang yang tertuang dalam penandatanganan kesepakatan bersama tentang penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah, yaitu pasokan cabai.

Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih di Magelang, Senin, menjelaskan kunjungan kali ini bersama rombongan tim TPID dan tim kerjasama Kota Jambi di Kabupaten Magelang untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan pemerintah pusat dalam konteks pengendalian inflasi.

Ia mengatakan, Kota Jambi sebagai daerah yang bukan produsen saat ini membutuhkan distribusi sumber produksi yang membantu kebutuhan masyarakat di Kota Jambi dan kebetulan Kabupaten Magelang menjadi "Champion Cabai".

"Maka hari ini saya bersama Pj Bupati Magelang menandatangani kesepakatan bersama yang tujuan utamanya adalah dalam konteks pengendalian inflasi, nanti kami akan belanja cabai dari Kabupaten Magelang untuk memenuhi kebutuhan pasar di Kota Jambi," katanya.

Namun demikian, hari ini Pemerintah Kota Jambi masih belum melakukan belanja cabai di Kabupaten Magelang, menengok kondisi pasar di Kota Jambi harga cabai belum mengalami lonjakan yang signifikan, berbeda dengan beberapa bulan yang lalu harga cabai mencapai Rp100 ribu per kilogram.

"Atas kerja sama yang hari ini kita lakukan sudah disiapkan juga tindak lanjutnya, akan ada perjanjian kerja sama, baik antar Kepala Dinas Pertanian Pangan, antar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan juga antar Koperasi. Karena Pj Bupati Magelang memiliki koperasi yang ada champion cabai," katanya.

Ia berharap, kesepakatan bersama yang telah dilakukan hari ini bersama Pemerintah Kabupaten Magelang akan berdampak pada kesejahteraan, baik masyarakat di Kota Jambi yang mendapatkan komoditi cabai dengan harga yang lebih rendah, dan begitu pula dengan masyarakat Kabupaten Magelang yang mendapatkan pemasaran di Kota Jambi.

Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan dari Pemerintah Kota Jambi kepada Kabupaten Magelang yang tertuang dalam penandatanganan kesepakatan bersama ini.

"Nanti aksi yang segera ditindaklanjuti adalah dalam konteks pengendalian inflasi, khususnya kita kerja sama terkait dengan pemenuhan suplai komoditas cabai," katanya.

Namun demikian, lebih lanjut Sepyo menyampaikan bahwa MoU ini sangat terbuka luas, tentunya tidak hanya komoditas cabai saja dan membuka ruang baru untuk meningkatkan kerja sama di berbagai potensi baik di Kota Jambi maupun di Kabupaten Magelang dan saling menguntungkan," katanya.

Baca juga: Pemkab Magelang produksi 1,8 miliar ekor benih ikan tahun 2023

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024