Temanggung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hingga saat ini masih menyalurkan bantuan air bersih ke daerah kekeringan meskipun telah beberapa kali hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Totok Nursetyanto, di Temanggung, Sabtu, menyampaikan bahwa hujan beberapa kali telah turun tetapi belum mempengaruhi debit sumber air yang ada.

"Sehingga bantuan air bersih dari BPBD tetap dilakukan ke daerah-daerah yang membutuhkan," katanya.

Menurut dia, hingga saat ini BPBD Kabupaten Temanggung telah menyalurkan sekitar 107 tangki air bersih ke beberapa daerah yang mengalami kekeringan.

Anggaran yang digunakan untuk penyaluran air bersih dari APBD dan nanti kalau tidak mencukupi akan ditambah dari dana siap pakai (DSP) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kita ada alokasi untuk penanganan kekeringan. Jadi, kita ambilkan dari situ," katanya.

Ia menyebutkan sejumlah daerah di Kabupaten Temanggung yang masih menerima bantuan air bersih, antara lain Desa Balong Kecamatan Bansari, Pagergunung dan Wonosari Kecamatan Bulu, Ngadisepi Kecamatan Gemawang, Ketitang Kecamatan Jumo, Kembangsari Kecamatan Kandangan. Klepu Kecamatan Kranggan.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024