Magelang (ANTARA) - Penjabat Sementara Wali Kota Magelang Ahmad Aziz mengajak warga merawat semangat gotong royong dengan menjadikan sebagai salah satu pilar membangun kemajuan daerah setempat.

"Mari kita rawat semangat gotong royong dan menjadikannya sebagai salah satu pilar menuju Kota Magelang semakin maju, Jawa Tengah yang sejahtera dan berdikari," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Kamis.

Ia mengatakan hal itu pada pembukaan secara simbolis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap IV Tahun Anggaran 2024 di Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, Rabu (2/10). 

Pembukaan TMMD tersebut di Lapangan SMP Negeri 12 Kota Magelang dihadiri, antara lain Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, pejabat Forkopimda Kota Magelang, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Ia mengatakan TMMD Sengkuyung wujud konkret konsep pembangunan kolaboratif, dalam hal ini kemanunggalan TNI dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan pihak-pihak terkait dalam pembangunan.

Keberhasilan pembangunan, katanya, memerlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip gotong royong yang merupakan jati diri Bangsa Indonesia.

Ia menyampaikan penghargaan kepada TNI, masyarakat, dan seluruh pihak yang selama ini tidak kenal lelah terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan komitmen terhadap upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga kemitraan sinergis di antara semua elemen masyarakat dapat terus terjalin erat, sehingga dapat melahirkan kerja nyata di berbagai bidang untuk kemaslahatan bersama," kata dia.

Danposramil 24 Kodim 0705/Magelang Peltu Supri Widiyanto mengatakan kegiatan fisik dalam TMMD itu, meliputi pembuatan saluran irigasi dengan panjang 150 meter, tinggi 0,9 meter, lebar atas 0,3 meter, lebar bawah 0,4 meter.

"Untuk sasaran fisik tambahan yakni berupa rabat beton," katanya.

Kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaaan, bahaya narkoba, kesehatan dan bahaya judi daring. Kegiatan selama 2-31 Oktober 2024.

Anggaran kegiatan TMMD Sengkuyung IV tingkat Kota Magelang berasal dari anggaran bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah Rp210 juta dan anggaran pendampingan dari APBD Kota Magelang Rp120.525.000.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024