Kudus (ANTARA) - Penjabat Bupati Kudus M. Hasan Chabibie mengajak aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dengan menjalankan asas kemanusiaan dan menjaga persatuan dalam bertugas memberikan pelayanan masyarakat.

"ASN juga pelayan masyarakat maka berikan yang terbaik kepada masyarakat karena pahlawan telah meletakkan fondasinya. Kita saat ini hanya meneruskan perjuangan para pahlawan," ujarnya ditemui usai menjadi pemimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa.

Menurut dia, meneruskan perjuangan para pahlawan, di antaranya menjaga integritas, berkinerja tinggi, dan menghilangkan egosektoral.

Hasan mengingatkan kepada semua pihak bahwa para pahlawan telah berjuang untuk mempersatukan bangsa. Apalagi, bangsa Indonesia terdiri atas puluhan ribu pulau, suku, bahasa, dan agama yang berbeda-beda.

"Meskipun demikian, berkat para pahlawan akhirnya mampu terikat dengan baik. Inilah menjadi modal pembangunan bangsa ini hingga sekarang," ujarnya.

Hal itu semua, kata dia, tidak terlepas dari jasa pahlawan yang mengupayakan bahwa Pancasila inilah yang menjadikan pemersatu dan merekatkan perbedaan.

Upacara tersebut dihadiri pula ASN di lingkungan Pemkab Kudus, forkopimda, masyarakat, dan pelajar di Kabupaten Kudus.

Baca juga: Bupati Banyumas harapkan ASN yang masuki masa pensiun tetap berkarya

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024