Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak dua medali emas cabang olahraga panjat tebing Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 kembali diperebutkan pada Rabu, setelah sempat tertunda sehari akibat hujan deras dan angin kencang.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Rabu, menyebutkan dua nomor pertandingan yang final adalah boulder tim putra dan lead tim putri.

Jadwal babak final tersebut berbeda dengan final nomor perlombaan dari jadwal sebelumnya, Selasa (17/9), yang rencananya memperebutkan emas untuk nomor boulder tim putri dan lead tim putra.

Berdasarkan jadwal, final boulder tim putra akan dilangsungkan pada pukul 17.30-18.30 WIB, dilanjutkan final lead tim putri pukul 18.30-19.30 WIB.

Namun, sebelumnya didahului dengan babak kualifikasi sekaligus untuk empat nomor, yakni lead tim putra dan boulder tim putri pukul 08.30-10.00 WIB.

Kemudian, kualifikasi nomor boulder tim putra pukul dan lead tim putri pada pukul 13.00-14.30 WIB.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut melombakan 16 nomor, dan 11 di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, serta lead perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.


Baca juga: Panjat tebing - Dua medali emas kembali diperebutkan pada Selasa

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024