Blora (ANTARA) - Penampilan barongan Siswo Budoyo membuka rangkaian HUT Ke-81 Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Acara dibuka dengan jalan sehat yang dilaksanakan pada Sabtu (14/9/2024) diikuti lebih dari 1.000 peserta dari guru, karyawan, dan siswa siswi dari Roudhatul Anfal(RA) PSM, Madrasah Ibtidaiyah(MI) PSM, Madrasah Tsanawiyah(MTs), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PSM Randublatung, dan santri boarding school PSM.

Acara dibuka Ketua MPD PSM Randublatung yaitu Alifa Nur Fitri, M.I.Kom dilanjutkan dengan jalan sehat mengelilingi Desa Randublatung. Turut menyemarakkan acara ini penampilan Barongan Siswo Budoyo. 

Alifa Nur Fitri menyampaikan HUT Ke-81  PSM mengusung tema " Wujudkan Harapan, PSM Terdepan" .

Siswa siswi yang sekolah di PSM dari RA, MI, MTs, SMK, dan santri boarding school ini menjadikan sekolah tidak hanya sebagai ruang belajar tapi juga mengenal potensi mereka dan membuat mimpi atau harapan.  

Dengan didampingi guru dan peran orang tua, sekolah bersama sama mendampingi siswa mewujudkan harapannya ke arah positif dan membekali mereka dengan pendidikan agama agar tercipta budi pekerti terpuji atau akhlakhul  karimah 

"Dengan mewujudkan harapan, PSM terdepan. Beberapa kegiatan yg berangkat dari harapan adalah adanya program tahfidh di MI, pembelajaran di boarding school di mana siswa tidak hanya sekolah tapi juga belajar agama. Ini juga memfasilitasi siswa siswi yang berasal dari lokasi jauh di tengah hutan. Program ekstrakurikuler seperti hadrah, menari, PMR, olah raga dan salah satunya Siswo Budoyo.

Siswo Budoyo yang berangkat dari potensi siswa yang sebelumnya sudah tergabung dan memiliki pengalaman pentas barongan," ungkapnya. 

Kepala sekolah SMK PSM Randublatung Mulyono, S.Pd. menyampaikan, “Melalui rangkaian perlombaan ini, saya harap dapat menarik minat dan bakat peserta didik dalam bidang seni," ungkap Mulyono, Kepala sekolah SMK PSM Randubatung.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusiasem dari para peserta lomba.

Bowo siswa kelas X SMK PSM Randublatung menyampaikan, "Semoga dengan adanya komunitas barongan ini, akan menjadi salah satu wahana yang menghibur warga Randublatung, dan semoga komunitas Seni SMK PSM Randublatung terbentuk semakin solid dan kompak."

Sebelumnya, serangkaian lomba sudah dilaksanakan ditingkat sekolah seperti 
Lomba voli antarkelas, lomba solo vokal, lomba sendratari, lomba fashion show tingkat pelajar SMP/MTs se Kecamatan Randublatung, Kradenan, Jati, lomba fashion show tingkat pelajar SMK  PSM Randublatung, Lomba antar guru SMK PSM Randublatung. Lomba menyanyi ditingkat MTs Randublatung, dan lomba lomba antarkelas di RA,MI, MTs, dan santri boarding school.  

Barongan Siswo Budoyo merupakan komunitas seni budaya yang menjadi wadah para siswa untuk mempertahankan budaya barongan. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024